Dari hasil pengumpulan
data, pendeskripsian dan pembahasan tentang pengembangan pembelajaran agama
Islam pada lembaga PAUD di desa Cibedug, penulis menarik beberapa kesimpulan
yang beracuan pada rumusan masalah penelitian.
1.
Program
pembelajaran agama Islam pada lembaga PAUD se-desa Cibedug pada dasarnya adalah
sebuah program pembelajaran yang berorientasi pada anak dan bertujuan untuk
meningkatkan indeks pembangunan masyarakat dalam bidang pendidikan terutama
pendidikan agama Islam bagi anak pada usia dini. Hal ini bisa dilakukan dengan
berbagai macam penyempurnaan dan pengembangan baik dalam hal proses
pembelajaran, pemanfaatan faktor-faktor pendukung dan pencarian solusi dalam
menekan berbagai faktor penghambat.
2.
Masyarakat desa Cibedug, pada awalnya
kurang respon terhadap program PAUD namun, seiring dengan perkembangan lembaga
PAUD dan manfaat yang mulai mereka rasakan, pada dasarnya mereka
mendukung program pembelajaran
agama Islam pada lembaga PAUD di desa Cibedug, dengan beberapa catatan penting dan harapan-harapan
agar lembaga PAUD menjadi lembaga pendidikan agama Islam yang dibungkus dengan
strategi, teknik dan metode pembelajaran
khas PAUD.
3.
Kendala pada program pembelajaran agama Islam pada lembaga PAUD se-desa
Cibedug secara garis besar bisa dibagi kepada dua bagian yaitu internal dan
eksternal. Secara internal, misalnya,
kurangnya etos kerja guru dalam membuat perencanaan
pembelajaran, kurang memadainya fasilitas pembelajaran, masalah pembangunan
infrastruktur lembaga dan minimnya
pembiayaan, merupakan hal-hal
yang kerapkali muncul. Namun pihak lembaga, dengan berbagai kendala di atas
tetap berjalan melaksanakan kegiatan pembelajaran dengan berbagai kekurangan
dan terus mencari langkah solutif.
4.
Keberhasilan program pembelajaran agama Islam pada lembaga PAUD se-desa
Cibedug diindaksikan dengan berbagai testimoni dari pihak lembaga sendiri,
orangtua peserta didik, tokoh masyarakat dan guru SD yang menyatakan bahwa
siswa lulusan PAUD memiliki beberapa keunggulan yang disimpulkan pada beberapa
hal yaitu keunggulan secara karakter dan akademik. Secara karakter keunggulan
siswa PAUD antara lain, memiliki mental
yang kuat, tidak pemalu, lebih kreatif, tahu etika, ceria, tidak pemalu, sopan, cenderung jujur, rajin membaca do’a sehari-hari, sabar
dan hormat kepada orang tua dan guru. Adapun secara akademik keunggulan anak
lulusan PAUD diantaranya
adalah kemampuan anak yang lebih mampu mencerna pelajaran di SD, hafal do’a-do’a dan surat-surat pendek,
bisa mempraktikan sholat dan mulai melaksanakan sholat di rumahnya, hafal
sejarah nabi, faham akan keesaan Allah, lebih taat kepada orangtuanya, tercatat beberapa anak lulusan PAUD selalu masuk peringkat 5 besar di SD,
kreatif dan pintar berbahasa.
A. Saran
Penelitian
tentang pengembangan pembelajaran agama Islam pada lembaga PAUD di pedesaan ini
diharapkan berimplikasi pada berbagai pembenahan pendidikan terutama pendidikan
anak usia dini di berbagai lini terutama di pedesaan. Dengan demikian ada
beberapa saran bagi beberapa pihak sebagai implikasi dari penelitian ini.
1.
Kepada kepala desa Cibedug
a.
Agar meningkatkan perhatiannya akan pengembangan pembelajaran agama Islam pada lembaga PAUD di desa Cibedug, dalam rangka peningkatan IPM dan SDM desa cibedug
pada usia sedini mungkin.
b.
Lebih
mensosialisasikan program pembelajaran agama
Islam pada lembaga PAUD di desa Cibedug
kepada masyarakat desa Cibedug secara luas dan berkesinambungan.
2.
Dinas
Pendidikan Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Bandung Barat.
a.
Agar
mempermudah proses dan birokrasi baik dalam penerimaan bantuan maupun pemberian
izin penyelenggaraan dan insentif guru PAUD demi kelancaran kegiatan program
PAUD.
b.
Agar
meningkatkan intensitas bina wilayah sebagai proses standarisasi
lembaga-lembaga PAUD.
c.
Agar
lebih memperhatikan keadaan lembaga-lembaga PAUD di pedesaan dalam rangka
pemerataan pelayanan PAUD.
3.
Bagi
pengelola dan penyelenggara PAUD
a.
Agar
lebih bersemangat dalam meningkatkan dan mengembangkan pembelajaran agama Islam pada lembaga PAUD di desa Cibedug.
b.
Agar
memperhatikan kesejahteraan guru dan kualitas proses pembelajaran.
c.
Senantiasa
membuka pintu komunikasi selebar-lebarnya bagi berbagai pihak yang memiliki
kepentingan dalam pengembangan
pembelajaran agama Islam pada lembaga PAUD di desa Cibedug.
4.
Bagi
masyarakat dan orang tua peserta didik
a.
Agar
lebih memperhatikan perkembangan anaknya secara mental dan spiritual.
b.
Banyak
berkonsultasi dengan pihak lembaga dan membuka pintu kerjasama yang
selebar-lebarnya dengan pihak lembaga.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar