Rabu, 11 September 2013


Dari hasil pengumpulan data, pendeskripsian dan pembahasan tentang pengembangan pembelajaran agama Islam pada lembaga PAUD di desa Cibedug, penulis menarik beberapa kesimpulan yang beracuan pada rumusan masalah penelitian.
1.        Program pembelajaran agama Islam pada lembaga PAUD se-desa Cibedug pada dasarnya adalah sebuah program pembelajaran yang berorientasi pada anak dan bertujuan untuk meningkatkan indeks pembangunan masyarakat dalam bidang pendidikan terutama pendidikan agama Islam bagi anak pada usia dini. Hal ini bisa dilakukan dengan berbagai macam penyempurnaan dan pengembangan baik dalam hal proses pembelajaran, pemanfaatan faktor-faktor pendukung dan pencarian solusi dalam menekan berbagai faktor penghambat.
2.        Masyarakat desa Cibedug, pada awalnya kurang respon terhadap program PAUD namun, seiring dengan perkembangan lembaga PAUD dan manfaat  yang  mulai mereka rasakan, pada dasarnya mereka mendukung program pembelajaran agama Islam pada lembaga PAUD  di desa Cibedug, dengan beberapa catatan penting dan harapan-harapan agar lembaga PAUD menjadi lembaga pendidikan agama Islam yang dibungkus dengan strategi, teknik dan metode  pembelajaran khas PAUD.
3.        Kendala pada program pembelajaran agama Islam pada lembaga PAUD se-desa Cibedug secara garis besar bisa dibagi kepada dua bagian yaitu internal dan eksternal. Secara internal, misalnya, kurangnya etos kerja guru dalam membuat perencanaan pembelajaran, kurang memadainya fasilitas pembelajaran, masalah pembangunan infrastruktur lembaga dan minimnya pembiayaan, merupakan hal-hal yang kerapkali muncul. Namun pihak lembaga, dengan berbagai kendala di atas tetap berjalan melaksanakan kegiatan pembelajaran dengan berbagai kekurangan dan terus mencari langkah solutif.
4.        Keberhasilan program pembelajaran agama Islam pada lembaga PAUD se-desa Cibedug diindaksikan dengan berbagai testimoni dari pihak lembaga sendiri, orangtua peserta didik, tokoh masyarakat dan guru SD yang menyatakan bahwa siswa lulusan PAUD memiliki beberapa keunggulan yang disimpulkan pada beberapa hal yaitu keunggulan secara karakter dan akademik. Secara karakter keunggulan siswa PAUD antara lain, memiliki mental yang kuat, tidak pemalu, lebih kreatif, tahu etika, ceria, tidak pemalu, sopan, cenderung jujur, rajin membaca do’a sehari-hari, sabar dan hormat kepada orang tua dan guru. Adapun secara akademik keunggulan anak lulusan PAUD diantaranya adalah kemampuan anak yang lebih mampu mencerna pelajaran di SD, hafal do’a-do’a dan surat-surat pendek, bisa mempraktikan sholat dan mulai melaksanakan sholat di rumahnya, hafal sejarah nabi, faham akan keesaan Allah, lebih taat kepada orangtuanya, tercatat beberapa anak lulusan PAUD selalu masuk peringkat 5 besar di SD, kreatif dan pintar berbahasa.

A.      Saran
Penelitian tentang pengembangan pembelajaran agama Islam pada lembaga PAUD di pedesaan ini diharapkan berimplikasi pada berbagai pembenahan pendidikan terutama pendidikan anak usia dini di berbagai lini terutama di pedesaan. Dengan demikian ada beberapa saran bagi beberapa pihak sebagai implikasi dari penelitian ini.
1.        Kepada kepala desa Cibedug
a.    Agar meningkatkan perhatiannya akan pengembangan pembelajaran agama Islam pada lembaga PAUD di desa Cibedug, dalam rangka peningkatan IPM dan SDM desa cibedug pada usia sedini mungkin.
b.    Lebih mensosialisasikan program pembelajaran agama Islam pada lembaga PAUD di desa Cibedug kepada masyarakat desa Cibedug secara luas dan berkesinambungan.
2.        Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Bandung Barat.
a.    Agar mempermudah proses dan birokrasi baik dalam penerimaan bantuan maupun pemberian izin penyelenggaraan dan insentif guru PAUD demi kelancaran kegiatan program PAUD.
b.    Agar meningkatkan intensitas bina wilayah sebagai proses standarisasi lembaga-lembaga PAUD.
c.    Agar lebih memperhatikan keadaan lembaga-lembaga PAUD di pedesaan dalam rangka pemerataan pelayanan PAUD.
3.        Bagi pengelola dan penyelenggara PAUD
a.    Agar lebih bersemangat dalam meningkatkan dan mengembangkan pembelajaran agama Islam pada lembaga PAUD di desa Cibedug.
b.    Agar memperhatikan kesejahteraan guru dan kualitas proses pembelajaran.
c.    Senantiasa membuka pintu komunikasi selebar-lebarnya bagi berbagai pihak yang memiliki kepentingan dalam pengembangan pembelajaran agama Islam pada lembaga PAUD di desa Cibedug.
4.             Bagi masyarakat dan orang tua peserta didik
a.    Agar lebih memperhatikan perkembangan anaknya secara mental dan spiritual.
b.    Banyak berkonsultasi dengan pihak lembaga dan membuka pintu kerjasama yang selebar-lebarnya dengan pihak lembaga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar