Senin, 26 Maret 2012

anak yang bisa mati dengan menelan makanan

Allah SWT telah mengatur qadha dan qadar bagi setiap manusia. Masing-masing diri kita, memiliki nasib yang telah ditentukan sebagai sunnatullah. Terkadang kita sering mengeluhkan penyakit yang ada pada diri kita. Padahal bila kita cermati, banyak dari saudara kita yang jauh lebih menderita dari kita. ini bisa menjadi sarana syukur dan amal shaleh kita dengan lebih bersabar bertawakkal dan berikhtiar.

Jumat, 23 Maret 2012

PROSES MASUKNYA ISLAM KE INDONESIA



Oleh : Wildan Baihaqi, SAg.

Pendahuluan
Pada tahun 30 Hijriah atau 651 Masehi, hanya berselang sekitar 20 tahun dari wafatnya Rasulullah SAW, Khalifah Utsman ibn Affan RA mengirim delegasi ke Cina untuk memperkenalkan Daulah Islam yang belum lama berdiri. Dalam perjalanan yang memakan waktu empat tahun ini, para utusan Utsman ternyata sempat singgah di Kepulauan Nusantara. Beberapa tahun kemudian, tepatnya tahun 674 M, Dinasti Umayyah telah mendirikan pangkalan dagang di pantai barat Sumatera. Inilah perkenalan pertama penduduk Indonesia dengan Islam. Sejak itu para pelaut dan pedagang Muslim terus berdatangan, abad demi abad. Mereka membeli hasil bumi atau rempah-rempah di Indonesia sambil berdakwah menyebarkan ajaran agama Islam.

Sabtu, 17 Maret 2012

Islam Masa Abu Bakar As-Shiddiq


Oleh : Deni Nuryadin

PENDAHULUAN
A.  Latar Belakang
Ketika orang muslim ditanya tentang siapakah penerus Rasulullah s.a.w.  dalam tambuk ke khalifahan, terbenak dalam pikiran mereka terhadap Khulafaur Rasyidin. Istilah khalifah berasal dari bahasa Arab, artinya di belakang. Sedangkan, Rasyidin artinya yang mendapat petunjuk/kebenaran. Jika disimpulkan, Khulafaur Rasyidin adalah orang-orang yang mendapat petunjuk sepeninggal Rasulullah s.a.w.  sekaligus yang meneruskan perjuangan dakwah beliau. Adapun, mereka yang termasuk Khulafaur Rasyidin adalah Abu Bakar Ashidiq, Umar Bin khatab, Utsman Bin Affan, dan Ali Bin Abi Thalib. Pemimpin setelah Ali Bin Abi Thalib dianggap tidak sesuai aturan yang benar dalam proses pemilihannya, jika yang menjadi dasar pengangkatannya adalah nilai etik dan moral dalam Islam.

Fiqh, Ushul Fiqh dan Kompleksitasnya


Agus Waluya, SHI.

Agama (al-dien) adalah ide murni, atau sistem ide dan kepercayaan yang bersifat Ilahiyah, berkenaan dengan ketaatan pada Tuhan, dan disampaikan kepada nabi-nabi. Dalam Islam, ide murni itu berbentuk wahyu yang termuat dalam al-Qur’an dan al-Sunnah. Ide ini tidak bisa diletakkan dalam konteks kemanusiaan. Berbeda dengan pemikiran agama (Islamologi) yang seluruhnya merupakan produk manusia dan sangat berkaitan dengan masyarakat. Konsep ini tidak bisa dipisahkan dari realitas tertentu dan sejarah masyarakat. Karena itu, Islamologi inilah gagasan ide Ilahiah yang dapat diletakkan dalam konteks kemanusiaan. Salah satu pemikiran Agama adalah Ushul Fiqh.

Pembelajaran Khat Al-Qur’an Pesantren LEMKA






Abstrak
Khat atau kaligrafi Al-Qur’aan pada saat ini sudah menjadi primadona para pecinta seni islami, baik yang murni maupun kontemporer. Fungsi khat yang pada dasarnya adalah sebagai media untuk menulis kalam Allah (Al-Qur’an) bergeser menjadi sebuah fenomena alternatif seni Islami yang banyak digandrungi para pecinta seni khususnya di kalangan santri. Namun hal ini tetaplah positif, mengingat penuangan kalam Ilahi pada media-media tertentu, yang berfungsi menjadi hiasan, akan menarik orang untuk lebih mengapresiasi ayat-ayat Al-Qur’an yang tertulis indah, bahkan pada level-level tertentu beberapa seniman kaligrafi kontemporer sudah mulai memvisualisasikan tafsir ayat-ayat tertentu melalui media lukisan. Adalah Lembaga Kaligrafi Al-Qur’an (LEMKA) yang saat ini telah memiliki sebuah pesantren khusus khat, dan telah menjadi pionir pengembangan seni ini di indonesia. Melihat perkembangan khat Al-Qur’an yang demikian pesat yang dipelopori oleh lulusan LEMKA, maka perlu diketahui formula-formula khusus Dan model pembelajaran yang dipakai di pesantren LEMKA sehingga mampu melahirkan para khattat yang handal.

Kata Kunci : LEMKA, Khat, Alqur’an.

Kesurupan


Jin merupakan salah satu makhluk ciptaan Allah yang termasuk ke dalam golongan ghaib, artinya tidak bisa dilihat dengan mata kepala namun secara dogma agama adalah hal yang harus kita yakini keberadaannya. Jin, biasanya masuk ke dalam jasad kasar manusia, hal ini sering kita kenal dengan istilah kesurupan. kesurupan bisa berarti total, yaitu orang yang dimasuki benar-benar tidak sadar, ataupun hanya sekedar "menunggangi" dalam arti orang yang ditunggangi tetap sadar namun ada gejala-gejala aneh pada tubuhnya seperti sakit, atau yang lainnya.